Jumat, 09 Mei 2008

CARA PEMBAYARAN DI INTERNET

Alternatif Pembayaran untuk E-Commerce
Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif. Caranya yaitu dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut. Pembeli yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran. Selain kartu kredit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan e-cash. E-cash sebenarnya merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunyai sebelumnya. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan.
Alternatif lain dalam pembayaran di internet adalah dengan menggunakan smartcard. Di Singapura, smartcard dikenal dengan istilah cash card. Pemakaian smartcard ini hampir sama dengan pemakaian kartu ATM yang biasa dipakai untuk berbelanja, yaitu pada saat transaksi, uangnya didebet langsung dari account di bank. Untuk pembayaran di internet, user harus memiliki ‘smart card reader’. Dalam pemakaiannya, alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card harus digesekkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer. Untuk softwarenya, digunakan software bernama ‘e-wallet’. Contoh web site yang telah menyediakan smartcard untuk pembayaran adalah http://www.discvault.com/.
Selain dengan ketiga cara di atas, terdapat alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu populer. Alternatif ini adalah penggunaan iCheck, yaitu metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.

Cara lain dalam pembayaran melalui internet :
Ø Transfer ke Rekening Bank, yaitu :
· Anda harus membayar dengan cara transfer total pembayaran anda ke salah satu bank yang terdaftar di bawah setelah menerima invoice dari kami. Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu/tanggal yang ditetapkan. Invoice dan informasi tanggal pembayaran akan kami kirim melalui alamat email yang anda gunakan pada saat mendaftar di situs kami.
· Pembayaran dengan cara Transfer bisa lewat ATM ataupun Internet Banking.

Ø Setor Tunai melalui Bank, dengan :
· Anda harus membayar dengan cara melakukan setoran tunai total pembayaran anda ke salah satu bank yang terdaftar di bawah setelah menerima invoice dari kami. Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu/tanggal yang ditetapkan. Invoice dan informasi tanggal pembayaran akan kami kirim melalui alamat email yang anda gunakan pada saat mendaftar di situs kami.
Catatan
· Jika anda belum membayar lunas pesanan anda sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditetapkan, maka pesanan anda belum/tidak akan dikirim.
· Jika anda masih belum membayar setelah lewat batas waktu/tanggal yang ditetapkan, maka pesanan anda dianggap batal/hangus.

Ø Bayar di Tempat / Cash on Delivery (COD)
· Pesanan anda akan diantar dalam waktu yang telah diberitahukan sebelumnya (atau periksa lamanya pengiriman yang kami sampaikan dalam konfirmasi pemesanan melalui email anda.
· Setelah pesanan sampai di tujuan dan telah diterima, maka anda wajib membayar lunas kepada petugas kami dan menandatangani formulir penerimaan (tanda terima).
· Lakukan konfirmasi pembayaran di halaman "Konfirmasi Pembayaran" segera setelah anda melakukan pembayaran.
Catatan
· Cara "Bayar di Tempat (COD)" hanya berlaku untuk wilayah pengiriman Bandung dengan ketentuan Total Pembelian Buku atau Barang minimal

Tidak ada komentar: