Perkembangan dunia telah mengantarkan dunia perdagangan pada perdagangan bebas dan penghapusan bea impor barang antar negara-negara. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan modern akan mengantarkan kita ke gerbang era globalisasi pasar dunia. Tiap negara akan memicu dan memacu komoditi unggulannya agar dapat terus bertahan dan mampu bersaing dengan negara lain dalam perdagangan internasional.
Untuk memasuki perdagangan internasional yang semakin ketat oleh persaingan-persaingan negara maju, maka negara-negara berkembang harus selalu dapat mengikuti perkembangan dalam perdagangan internasional. Oleh karena itu, negara-negara berkembang harus menjadikan teknologi informasi menjadi landasan berpijak setiap langkah dan tindakan peningkatan kemajuan ekonomi Negara tersebut. salah satu aplikasi teknologi informasi yang tengah popular saat ini adalah internet.
Salah satu proyeksi dunia bisnis dan perdagangan berbasis internet dalam memasuki perdagangan internasional yaitu dengan menggunakan Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik) atau yang sering disebut dengan E-COMMERCE. Tentang e-commerce ini akan dibahas selanjutnya.
DEFINISI E-COMMERCE
E-commerce adalah suatu cara belanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memenfaatkan fasilitas internet. Pandangan yang lebih populer, e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk (barang atau jasa).
Definisi lain yang lebih detailnya lagi, bahwa e-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (computer networks) yiatu internet dimana terdapat website yan dapat menyediakan layanan “get and delivery”.
Dengan e-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan, apalagi perdagangan internasional. E-commerce sendiri pada dasarnya terbagi atas dua jenis yaitu aktivitas :
1. Business to Business (B2B)
Mengacu pada transaksi antar bisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. B2B pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang teladisepakati bersama.
2. Business to Customer (B2C)
Mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. B2C ini memiliki karakteristik terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan kepada publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis dalam perdagangan dunia internasional, sistem ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe klasifikasi, yaitu :
© Electronic Markets (EMs)
EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukae informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas ini bagi pelanggan yaitu terlibat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu, sedangkan bagi penjual yaitu ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga menarik pelanggan lebih banyak.
© Electronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah tranmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari-komputer-ke-komputer di antara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang. Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akuratserta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
© Internet Commerce
Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Keuntungan yang dapat diperoleh dari internet commerce yaitu untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalaui internet; harga lebih murah mengingat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuat outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan pelayanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
TUJUAN APLIKASI E-COMMERCE :
· Orang yang ingin membeli barang atau transaksi melalui internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser.
· Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi.
· Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
· Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
· Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
MANFAAT E-COMMERCE
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce:
a. Bagi Perusahaan
o Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
o Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report dan sebagainya
o Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik atau pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
o Mempercepat pelayanan ke pelanggan dan pelayanan lebih responsive
o Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
o Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
o Memperluas market place hingga ke pasar nasional dan internasional.
b. Bagi Konsumen
o Mengurangi biaya karena konsumen tidak perlu langsung ke outlet retailnya, yang mungkin berada di luar negeri atau konsumen dapat berbelanja pada satu tempat saja.
o Memberi kemudahan konsumen dalam memesan barang atau jasa karena hanya mengakses melalui internet
o Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer antar bank atau kartu kredit, tanpa harus membawa uang tunai.
o Memungkinkan pelanggan dapat berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan selama 24 jam.
o Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dengan cepat sehingga dapat mengunjungi banyak temapat serta mudah dalam melakukan perbandingan produk
o Waktu berbelanja singkat, tidak perlu berlama-lama seperti kita berada di toko konvensional
o Harga barang yang dijual melalui e-commerce
KENDALA – KENDALA E-COMMERCE
¨ Kekhawatiran masalah keamanan. Perusahaan harus lebih hati-hati dalam meggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorosasi, apalagi dengan adanya hacker dan cracker. Hacker adalah seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman lainnya, tetapi tidak melakukan tindakan perusakan apapun, tidak mencuri uang atau informasi. Sedangkan cracker adalah sisi gelap dari hacker dan memiliki ketertarikan untuk mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan keseluruhan sistem.
¨ Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
¨ Kurang percayanya konsumen terhadap perusahaan, hal ini ditakutkan bahwa barang yang ditawarkan dalam e-commerce tidak sesuai atau cacat setelah pembelian
¨ Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
¨ Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini, sehingga apabila terjadi kecurangan dalam e-commerce tidak sanksi hukum yang pasti.
KARAKTERISTIK E-COMMERCE
Transaksi e-commerce dengan menggunakan internet berbeda dengan transaksi perdagangan biasa yang sering dilakukan oleh konsumen dan produsen. Transaksi e-commerce memiliki karakteristik khusus, yaitu :
Ø Transaksi tanpa batas
Sebelum adanya internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan untuk berkecimpung atau memasarkan produknya dalam perdagangan internasional tanpa adanya modal yang sangat besar. Tetapi, dengan semakin maraknya internet, maka pengusaha kecil dapat juga berpartisipasi dalam pasar internasional dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di internet tanpa batas waktu (24 jam) dan pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara online.
Ø Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harussaling bertemu. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
Ø Produk digital dan non digital
Produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
Ø Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
MEKANISME E-COMMERCE
Kontrak on line dlam e-commrce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martiness Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
1. kontrak melalui chatting dan video conference
adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.
2. kontrak melalui e-mail
merupakan salah satu kontrak online yang sangat popular karena pengguna e-mail saat ini banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, dan penerima dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirmkan melalui e-mail, serta dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimanya dilakukan melalui e-mail.
3. kontrak melalui web atau situs
kontrak ini dapat dilakukan dengan cara situs web supplier memiliki deskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self contraction yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut. Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomer kartu kredit.
Mekanisme selanjutnya adalah :
a. untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk mendownloadnya
b. untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai ke rumah konsumen
c. untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.
ARSITEKTUR E-COMMERCE
Manfaat dari arsitektur ini adalah untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi baik dari sisi pelanggan atau pemilik ecommerce, selain itu arsitektur ini juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari suatu sistem ecommerce. Ada banyak bentuk arsitektur e-commerce, tetapi pada dasarnya arsitektur yang harus dipenuhi oleh web e-commerce, yaitu :
1. Find It
Pengunjung harus dengan cepat dan tepat untuk menemukan produk yang dibutuhkan, ada berbagai cara agar tujuan ini tercapai salah satunya dengan menerapkan search engine(mesin pencari), search engine ini harus dapat mewakili dari semua katalog produk yang ditawarkan.
2. Select It
Kelemahan pada e-commerce karena pengunjung yang ingin membeli produk tidak dapat melihat secara langsung wujud dari produk yang ditawarkan, sehingga dapat menimbulkan keraguan bagi pelanggan untuk membeli produk yang di tawarkan. Tetapi kelemahan tersebut dapat diatasi dengan cara meyakinkan pengunjung bahwa produk yang di pilihnya itu benar dan sesuai, salah satu metode untuk memenuhi tujuan ini adalah dengan cara menyediakan halaman detail tentang produk yang dapat menggambarkan secara spesifik produk yang ditawarkan.
3. Remember It
Agar mampu mengingat apa barang yang di pesan, berapa jumlah barang yang harus di bayar, siapa yang memesan,dan kapan barang itu dipesan saya yakin dalam waktu sekejap dia akan bangkrut dan mengalami kerugian yang besar. Penggunaan Session ID dan Database merupakan modal utama memenuhi tujuan pada tahap ini.
4. Buy It
Setelah kegiatan surfing untuk mencari produk telah selesai dan pelanggan merasa yakin dengan produk yang dibelinya, kini tibalah saatnya pelanggan tersebut membayar produk tersebut Pada E-Commerce pembayaran dapat di lakukan dengan dua cara Transfer antar Bank atau Via Kartu Kredit. Pemilik e-commerce dapat menerapkan salah satu cara diatas atau akan lebih baik lagi bila menerapkan kedua cara tersebut. Masing-masing cara pembayaran diatas memiliki keunggulan dan kelemahan dari sisi efektivitas waktu dan keamanan
ALTERNATIF PEMBAYARAN UNTUK E-COMMERCE
Standar enkripsi yang digunakan dalam e-commerce pada saat ini adalah SET (Secure Electronic Transaction). Selain digunakan untuk pembayaran dengan credit card, SET juga digunakan untuk pembayaran dengan smartcard. Dengan menggunakan SET, kerahasiaan informasi customer (berupa nama dan nomor kartunya) bisa dijaga. SET juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas penjual dan customer, sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.
SET menggunakan suatu kriptografi khusus yang dinamakan asymmetric cryptography untuk menjamin keamanan suatu transaksi. Asymmetric cryptography ini juga disebut dengan nama Public-key Cryptography. Enkripsi ini menggunakan dua kunci/key (yaitu kode), satu kunci digunakan untuk meng-enkripsi data, dan kunci lainnya untuk men-dekripsi data tersebut. Kedua kunci tersebut terhubung secara matematis dengan rumus tertentu, sehingga data yang telah di-enkripsi oleh suatu kunci hanya bisa di-dekripsi dengan menggunakan kunci pasangannya.
Setiap user mempunyai dua kunci, yaitu puclic key dan private key. User dapat menyebarkan public key secara bebas. Karena adanya hubungan yang khusus antara kedua kunci, user dan siapa pun yang menerima public key tersebut mendapat jaminan bahwa data yang telah dienkripsi dengan suatu public key dan dikirimkan ke user hanya bisa didekripsi oleh private key. Keamanan ini terjamin selama user dapat menjaga kerahasiaan private key. Pasangan key ini harus dibuat secara khusus oleh user. Algoritma yang biasanya digunakan untuk pembuatan key adalah algoritma RSA (dinamakan berdasarkan inisial pembuatnya, yaitu : Rivest, Shamir, dan Adleman). Artinya, suatu pihak pengelola e-commerce yang menggunakan SET, harus membuat pasangan key khusus untuk webnya. Public key akan disebarkan, dan hal ini biasanya dilakukan melalui penyebaran web browser. Public key disertakan secara gratis untuk setiap web browser, dan telah tersedia jika browser tersebut diinstall. Private key, pasangan untuk pasangan public key tersebut disimpan oleh pengelola e-com.
Jika pembeli menggunakan browser untuk mengirim form transaksi, pembeli tersebut akan menggunakan public key yang telah tersedia di web browsernya. Orang lain yang tidak mempunyai private key pasangannya, tidak akan bisa men-dekripsi data form yang dikirim dengan public key tersebut. Setelah data sampai ke pengelola e-com, data tersebut akan di-dekripsi dengan menggunakan private key. Artinya, hanya pengelola e-com yang bisa mendapatkan data itu dalam bentuk yang sebenarnya, dan data identitas serta nomor kartu kredit customer tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berhak.
Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif, yaitu :
Þ Terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut
Þ Pembeli yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran.
Þ Dengan menggunakan e-cash yang merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunyai sebelumnya, sehingga customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan.
Þ Dadengan menggunaka smartcard yang dikenal di Singapura dengan cash card. Pemakaiannya ini hampir sama dengan pemakaiannya ATM yang biasa dipakai untuk berbelanja, yaitu pada saat transaksi, uangnya didebet langsung dari account di bank. Untuk pembayaran di internet user harus memiliki ”smart card reader”. Dalam pemakaiaanya, alat ini khusus disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card haus digeskkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer.
Þ Alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu populer yaitu penggunaan iCheck merupakan metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.
KEMANAN DI E-COMMERCE
Berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman. Keaman internet dapat dicapai dengan menggunakan firewall, yang merupakan suatu filter yang membatasi arus data antara jaringan internal perusahaan dan internet. Ide dibalik firewall adalah membangun suatu pengaman untuk semua komputer di dalam jaringan daripada pengaman tersendiri untuk tiap komputer. Firewall dapat memberikan berbagai tingkat keamanan tergantung pada jenisnya, yaitu :
a. Packet-Filtering Firewall
Sejenis alat yang biasanya terdapat dalam suatu jaringan adalah router, yang mengarahkan arus lalu lintas. Bila router tersebut ditempatkan di antara internet dan jaringan internet, ia dapat berfungsi sebagai firewall. Router mengakses tabel-tabel data untuk tiap transmisi, sehingga ia hanya mengijinkan jenis pesan tertentu dari lokasi tertentu untuk lewat. Keterbatasan router adalah ia hanya keamanan pada satu titik.
b. Circuit-Level
Merupakan satu langkah naik dari router satu komputer yang dipasang di antara internet dan jaringan internet. Komputer itu dapat mengintegrasikan logika pengujian keaslian (authentication logic) ke dalam proses penyaringan. Keterbatasan jenis ini yaitu dari keamanan satu titik. Programmer menciptakan kode yang diperlukan yang dilaksanakan computer untuk semua transaksi.
c. Application-Level
Jenis ini merupakan bentuk keamanan paling lengkap dicapai dengan menciptakan suatu zone keamanan antara internet dan jaringan internet. Zone ini terdiri dari suatu mekanisme isolasi, dipisahkan dari internet oleh satu router. Mekanisme isolasi tersebut terdiri dari beberapa alat, termasuk external service host, yang melakukan penyaringan yang disesuaikan untuk tiap aplikasi. Programmer jaringan harus menulis kode spesifik untuk tiap aplikasi, dan bila apikasi itu ditambah, dihapus, atau dimodifikasi, kode itu harus diperbarui.
Untuk memasuki perdagangan internasional yang semakin ketat oleh persaingan-persaingan negara maju, maka negara-negara berkembang harus selalu dapat mengikuti perkembangan dalam perdagangan internasional. Oleh karena itu, negara-negara berkembang harus menjadikan teknologi informasi menjadi landasan berpijak setiap langkah dan tindakan peningkatan kemajuan ekonomi Negara tersebut. salah satu aplikasi teknologi informasi yang tengah popular saat ini adalah internet.
Salah satu proyeksi dunia bisnis dan perdagangan berbasis internet dalam memasuki perdagangan internasional yaitu dengan menggunakan Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik) atau yang sering disebut dengan E-COMMERCE. Tentang e-commerce ini akan dibahas selanjutnya.
DEFINISI E-COMMERCE
E-commerce adalah suatu cara belanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memenfaatkan fasilitas internet. Pandangan yang lebih populer, e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk (barang atau jasa).
Definisi lain yang lebih detailnya lagi, bahwa e-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (computer networks) yiatu internet dimana terdapat website yan dapat menyediakan layanan “get and delivery”.
Dengan e-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan, apalagi perdagangan internasional. E-commerce sendiri pada dasarnya terbagi atas dua jenis yaitu aktivitas :
1. Business to Business (B2B)
Mengacu pada transaksi antar bisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. B2B pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang teladisepakati bersama.
2. Business to Customer (B2C)
Mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. B2C ini memiliki karakteristik terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan kepada publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis dalam perdagangan dunia internasional, sistem ini dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe klasifikasi, yaitu :
© Electronic Markets (EMs)
EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukae informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas ini bagi pelanggan yaitu terlibat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu, sedangkan bagi penjual yaitu ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga menarik pelanggan lebih banyak.
© Electronic Data Interchange (EDI)
EDI adalah tranmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari-komputer-ke-komputer di antara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang. Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akuratserta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
© Internet Commerce
Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Keuntungan yang dapat diperoleh dari internet commerce yaitu untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalaui internet; harga lebih murah mengingat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuat outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan pelayanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
TUJUAN APLIKASI E-COMMERCE :
· Orang yang ingin membeli barang atau transaksi melalui internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser.
· Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi.
· Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
· Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
· Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
MANFAAT E-COMMERCE
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce:
a. Bagi Perusahaan
o Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
o Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report dan sebagainya
o Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik atau pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
o Mempercepat pelayanan ke pelanggan dan pelayanan lebih responsive
o Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
o Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
o Memperluas market place hingga ke pasar nasional dan internasional.
b. Bagi Konsumen
o Mengurangi biaya karena konsumen tidak perlu langsung ke outlet retailnya, yang mungkin berada di luar negeri atau konsumen dapat berbelanja pada satu tempat saja.
o Memberi kemudahan konsumen dalam memesan barang atau jasa karena hanya mengakses melalui internet
o Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer antar bank atau kartu kredit, tanpa harus membawa uang tunai.
o Memungkinkan pelanggan dapat berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan selama 24 jam.
o Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dengan cepat sehingga dapat mengunjungi banyak temapat serta mudah dalam melakukan perbandingan produk
o Waktu berbelanja singkat, tidak perlu berlama-lama seperti kita berada di toko konvensional
o Harga barang yang dijual melalui e-commerce
KENDALA – KENDALA E-COMMERCE
¨ Kekhawatiran masalah keamanan. Perusahaan harus lebih hati-hati dalam meggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorosasi, apalagi dengan adanya hacker dan cracker. Hacker adalah seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman lainnya, tetapi tidak melakukan tindakan perusakan apapun, tidak mencuri uang atau informasi. Sedangkan cracker adalah sisi gelap dari hacker dan memiliki ketertarikan untuk mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan keseluruhan sistem.
¨ Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
¨ Kurang percayanya konsumen terhadap perusahaan, hal ini ditakutkan bahwa barang yang ditawarkan dalam e-commerce tidak sesuai atau cacat setelah pembelian
¨ Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
¨ Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini, sehingga apabila terjadi kecurangan dalam e-commerce tidak sanksi hukum yang pasti.
KARAKTERISTIK E-COMMERCE
Transaksi e-commerce dengan menggunakan internet berbeda dengan transaksi perdagangan biasa yang sering dilakukan oleh konsumen dan produsen. Transaksi e-commerce memiliki karakteristik khusus, yaitu :
Ø Transaksi tanpa batas
Sebelum adanya internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan untuk berkecimpung atau memasarkan produknya dalam perdagangan internasional tanpa adanya modal yang sangat besar. Tetapi, dengan semakin maraknya internet, maka pengusaha kecil dapat juga berpartisipasi dalam pasar internasional dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di internet tanpa batas waktu (24 jam) dan pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara online.
Ø Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harussaling bertemu. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
Ø Produk digital dan non digital
Produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
Ø Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dengan menawarkan barang tak berwujud seperti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
MEKANISME E-COMMERCE
Kontrak on line dlam e-commrce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martiness Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
1. kontrak melalui chatting dan video conference
adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.
2. kontrak melalui e-mail
merupakan salah satu kontrak online yang sangat popular karena pengguna e-mail saat ini banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, dan penerima dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirmkan melalui e-mail, serta dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimanya dilakukan melalui e-mail.
3. kontrak melalui web atau situs
kontrak ini dapat dilakukan dengan cara situs web supplier memiliki deskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self contraction yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut. Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomer kartu kredit.
Mekanisme selanjutnya adalah :
a. untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk mendownloadnya
b. untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai ke rumah konsumen
c. untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.
ARSITEKTUR E-COMMERCE
Manfaat dari arsitektur ini adalah untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi baik dari sisi pelanggan atau pemilik ecommerce, selain itu arsitektur ini juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari suatu sistem ecommerce. Ada banyak bentuk arsitektur e-commerce, tetapi pada dasarnya arsitektur yang harus dipenuhi oleh web e-commerce, yaitu :
1. Find It
Pengunjung harus dengan cepat dan tepat untuk menemukan produk yang dibutuhkan, ada berbagai cara agar tujuan ini tercapai salah satunya dengan menerapkan search engine(mesin pencari), search engine ini harus dapat mewakili dari semua katalog produk yang ditawarkan.
2. Select It
Kelemahan pada e-commerce karena pengunjung yang ingin membeli produk tidak dapat melihat secara langsung wujud dari produk yang ditawarkan, sehingga dapat menimbulkan keraguan bagi pelanggan untuk membeli produk yang di tawarkan. Tetapi kelemahan tersebut dapat diatasi dengan cara meyakinkan pengunjung bahwa produk yang di pilihnya itu benar dan sesuai, salah satu metode untuk memenuhi tujuan ini adalah dengan cara menyediakan halaman detail tentang produk yang dapat menggambarkan secara spesifik produk yang ditawarkan.
3. Remember It
Agar mampu mengingat apa barang yang di pesan, berapa jumlah barang yang harus di bayar, siapa yang memesan,dan kapan barang itu dipesan saya yakin dalam waktu sekejap dia akan bangkrut dan mengalami kerugian yang besar. Penggunaan Session ID dan Database merupakan modal utama memenuhi tujuan pada tahap ini.
4. Buy It
Setelah kegiatan surfing untuk mencari produk telah selesai dan pelanggan merasa yakin dengan produk yang dibelinya, kini tibalah saatnya pelanggan tersebut membayar produk tersebut Pada E-Commerce pembayaran dapat di lakukan dengan dua cara Transfer antar Bank atau Via Kartu Kredit. Pemilik e-commerce dapat menerapkan salah satu cara diatas atau akan lebih baik lagi bila menerapkan kedua cara tersebut. Masing-masing cara pembayaran diatas memiliki keunggulan dan kelemahan dari sisi efektivitas waktu dan keamanan
ALTERNATIF PEMBAYARAN UNTUK E-COMMERCE
Standar enkripsi yang digunakan dalam e-commerce pada saat ini adalah SET (Secure Electronic Transaction). Selain digunakan untuk pembayaran dengan credit card, SET juga digunakan untuk pembayaran dengan smartcard. Dengan menggunakan SET, kerahasiaan informasi customer (berupa nama dan nomor kartunya) bisa dijaga. SET juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas penjual dan customer, sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.
SET menggunakan suatu kriptografi khusus yang dinamakan asymmetric cryptography untuk menjamin keamanan suatu transaksi. Asymmetric cryptography ini juga disebut dengan nama Public-key Cryptography. Enkripsi ini menggunakan dua kunci/key (yaitu kode), satu kunci digunakan untuk meng-enkripsi data, dan kunci lainnya untuk men-dekripsi data tersebut. Kedua kunci tersebut terhubung secara matematis dengan rumus tertentu, sehingga data yang telah di-enkripsi oleh suatu kunci hanya bisa di-dekripsi dengan menggunakan kunci pasangannya.
Setiap user mempunyai dua kunci, yaitu puclic key dan private key. User dapat menyebarkan public key secara bebas. Karena adanya hubungan yang khusus antara kedua kunci, user dan siapa pun yang menerima public key tersebut mendapat jaminan bahwa data yang telah dienkripsi dengan suatu public key dan dikirimkan ke user hanya bisa didekripsi oleh private key. Keamanan ini terjamin selama user dapat menjaga kerahasiaan private key. Pasangan key ini harus dibuat secara khusus oleh user. Algoritma yang biasanya digunakan untuk pembuatan key adalah algoritma RSA (dinamakan berdasarkan inisial pembuatnya, yaitu : Rivest, Shamir, dan Adleman). Artinya, suatu pihak pengelola e-commerce yang menggunakan SET, harus membuat pasangan key khusus untuk webnya. Public key akan disebarkan, dan hal ini biasanya dilakukan melalui penyebaran web browser. Public key disertakan secara gratis untuk setiap web browser, dan telah tersedia jika browser tersebut diinstall. Private key, pasangan untuk pasangan public key tersebut disimpan oleh pengelola e-com.
Jika pembeli menggunakan browser untuk mengirim form transaksi, pembeli tersebut akan menggunakan public key yang telah tersedia di web browsernya. Orang lain yang tidak mempunyai private key pasangannya, tidak akan bisa men-dekripsi data form yang dikirim dengan public key tersebut. Setelah data sampai ke pengelola e-com, data tersebut akan di-dekripsi dengan menggunakan private key. Artinya, hanya pengelola e-com yang bisa mendapatkan data itu dalam bentuk yang sebenarnya, dan data identitas serta nomor kartu kredit customer tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berhak.
Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif, yaitu :
Þ Terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut
Þ Pembeli yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran.
Þ Dengan menggunakan e-cash yang merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunyai sebelumnya, sehingga customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan.
Þ Dadengan menggunaka smartcard yang dikenal di Singapura dengan cash card. Pemakaiannya ini hampir sama dengan pemakaiannya ATM yang biasa dipakai untuk berbelanja, yaitu pada saat transaksi, uangnya didebet langsung dari account di bank. Untuk pembayaran di internet user harus memiliki ”smart card reader”. Dalam pemakaiaanya, alat ini khusus disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card haus digeskkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer.
Þ Alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu populer yaitu penggunaan iCheck merupakan metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.
KEMANAN DI E-COMMERCE
Berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman. Keaman internet dapat dicapai dengan menggunakan firewall, yang merupakan suatu filter yang membatasi arus data antara jaringan internal perusahaan dan internet. Ide dibalik firewall adalah membangun suatu pengaman untuk semua komputer di dalam jaringan daripada pengaman tersendiri untuk tiap komputer. Firewall dapat memberikan berbagai tingkat keamanan tergantung pada jenisnya, yaitu :
a. Packet-Filtering Firewall
Sejenis alat yang biasanya terdapat dalam suatu jaringan adalah router, yang mengarahkan arus lalu lintas. Bila router tersebut ditempatkan di antara internet dan jaringan internet, ia dapat berfungsi sebagai firewall. Router mengakses tabel-tabel data untuk tiap transmisi, sehingga ia hanya mengijinkan jenis pesan tertentu dari lokasi tertentu untuk lewat. Keterbatasan router adalah ia hanya keamanan pada satu titik.
b. Circuit-Level
Merupakan satu langkah naik dari router satu komputer yang dipasang di antara internet dan jaringan internet. Komputer itu dapat mengintegrasikan logika pengujian keaslian (authentication logic) ke dalam proses penyaringan. Keterbatasan jenis ini yaitu dari keamanan satu titik. Programmer menciptakan kode yang diperlukan yang dilaksanakan computer untuk semua transaksi.
c. Application-Level
Jenis ini merupakan bentuk keamanan paling lengkap dicapai dengan menciptakan suatu zone keamanan antara internet dan jaringan internet. Zone ini terdiri dari suatu mekanisme isolasi, dipisahkan dari internet oleh satu router. Mekanisme isolasi tersebut terdiri dari beberapa alat, termasuk external service host, yang melakukan penyaringan yang disesuaikan untuk tiap aplikasi. Programmer jaringan harus menulis kode spesifik untuk tiap aplikasi, dan bila apikasi itu ditambah, dihapus, atau dimodifikasi, kode itu harus diperbarui.
LITERATUR
McLeod Jr, Raymond dan George P. Schell. Sistem Informasi Manajemen edisi 8. 2004. PT. Indeks: Jakarta
McLeod Jr, Raymond dan George P. Schell. Sistem Informasi Manajemen edisi 10. 2008. Salemba Empat : Jakarta
http://www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-bandung.pdf
http://nofieiman.com/responsitory/mengenal-ecommerce.pdf
http://www.myindo.co.id/productservice/20/index.html
http://www.informatika.lipi.go.ad/analisis-dan-perancangan-prototipe-aplikasi-e-commerce
http://www.ilkom.unsri.ac.id/jurnal/data_materi/ecommerce_deris.pdf
http://www.kadin.or.id/webpages/nl/pdf/iNewsletter_Februari_2005.pdf
http://stibanas.ac.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=32
http://bebas.ukm.org/u17/com/ictwatch/paper/paper013.htm
http://www.channel-11.net/event/8.htm
http://www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-bandung.pdf
http://nofieiman.com/responsitory/mengenal-ecommerce.pdf
http://www.myindo.co.id/productservice/20/index.html
http://www.informatika.lipi.go.ad/analisis-dan-perancangan-prototipe-aplikasi-e-commerce
http://www.ilkom.unsri.ac.id/jurnal/data_materi/ecommerce_deris.pdf
http://www.kadin.or.id/webpages/nl/pdf/iNewsletter_Februari_2005.pdf
http://stibanas.ac.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=32
http://bebas.ukm.org/u17/com/ictwatch/paper/paper013.htm
http://www.channel-11.net/event/8.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar